Thursday, June 26, 2008

Shrimp Processin' Plant

Mengenal proses pengolahan hasil laut
Laut adalah salah satu sumber alam berpotensi besar di daerah tempat kami tinggal. Karena menghasilkan banyak sumberdaya perikanan yang bisa menjadikan sumber bisnis potensial bagi masyarakat dan pemerintah. Salah satu produk unggulan adalah Udang.

Udang adalah hasil perikanan dengan nilai ekonomis sangat tinggi, sepadan dengan rasa yang gurih spesifik dan kandungan protein/nilai gizi yang tinggi.
Dalam proses pengolahan udang tidak menggunakan bahan pengawet atau zat-zat tambahan makanan yang berbahaya, biasanya yang digunakan adalah garam dan es untuk mempertahankan kesegaran udang.

Pada saat kami berkunjung di sebuah unit pengolahan, sudah diproses menjadi beberapa macam produk kemasan, diantaranya adalah berbentuk udang masak beku (frozen cooked shrimp), sate udang beku (frozen skewer shrimp) dan udang segar beku (fresh frozen shrimp).
Udang hasil olahan seperti ini bisa bertahan hingga kurang lebih 2 tahun, asalkan disimpan dalam keadaan beku dengan suhu nol derajat Fahrenheit atau -18 Celcius.
Lumayan tahan lama bukan? Teknologi yang digunakan adalah teknologi refrigerasi dengan menggunakan amoniak (NH3) atau dengan menggunakan nitrogen (N2).
Selain pasar lokal kebanyakan hasil produksi udang seperti ini biasanya di export ke Eropa, Amerika dan Asia.
Mereka sangat menyukai produk-produk seafood seperti ini karena sangat bergizi dan sangat baik untuk kebutuhan protein tubuh.

No comments: